Promosi SMA Plus Darussalam Ciamis




ALAMAT

Jl. K.H. Ahmad Fadlil II, Desa Dewasari, Kec. Cijeungjing, Dewasari, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

SEJARAH

    Melalui sejarah yang panjang (berdiri tahun 1929 oleh K.H. Ahmad Fadlil), kini Pondok Pesantren Darussalam telah berkembang dan mencapai kemajuan yang sangat menggembirakan. Pondok Pesantren yang pada awal berdirinya hanya memiliki sebuah rumah tempat tinggal Kiayi, sebuah masjid dan sebuah asrama (pondok) yang sederhana, kini telah memiliki fasilitas bangunan yang relatif lengkap dan beberapa diantaranya cukup megah. Disamping peningkatan fasilitas dan sarana pendidikan untuk santri, hal yang sangat penting lain adalah pengembangan sistem pendidikannya. ketika di banyak Pondok Pesantren lain masih mengkhususkan pada pengajian kitab, Pesantren Darussalam mulai merintis untuk menyelenggarakan pendidikan formal. Maka sejak dasawarsa 60-an, Pesantren Darussalam mulai memodernisasikan sistem pendidikannya dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan formal.

    Pada tahun 1967, mulai dirintis penyelenggaraan sistem pendidikan modern dengan mengadaptasi model klasikal dan sampai saat ini semua jenjang pendidikan dar mulai Taman Kanak-kanak (TK) (di Pesantren Darussalam disebut Raudlatul Athfal/RA) hingga perguruan tinggi telah ada di pesantren ini. Lembaga pendidikan formal yang pertama didirikan adalah Raudlatul Athfal (Taman Kanak-kanak) pada tahun 1967, kemudian pada tahun 1968 berdiri Madrasah Ibtidaiyah/MI (setingkat SD), lalu Madrasah Tsanawiyah Darussalam/MTsD (setingkat SMP) pada tahun 1968. kemudian berdiri Madrasah Aliyah Negeri Darussalam (setingkat SMA) pada tahun 1969. Selanjutnya didirikan SMA Plus Darussalam yang merupakan lembaga pendidikan swasta pada tahun 2003. Sedangkan Pendidikan Tinggi (PT) di Pondok Pesantren Darussalam adalah berbentuk Institut yang didirikan pada tahun 1970, dengan nama Institut Agama Islam Darussalam (IAID) yaitu Perguruan Tinggi Agama Islam yang menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan, yaitu Pondok Pesantren Darussalam. Disamping itu, pada tahun 1995 diselenggarakan pula Ma'had 'Aly, yaitu pendidikan tinggi Pesantren Darussalam. Mahasantri Ma'had 'Aly ini terdiri dari lulusan Madrasah Aliyah dan para mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam dari berbagai fakultas yang memenuhi persyaratan, diantaranya telah mampu membaca kitab-kitab kuning, dan pada 2003 Berdirilah Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Darussalam sebagai sekolah alternatif yang menggunakan kurikulum dari kementrian pendidikan yang dipadukan dengan kurikulum pesantren Darussalam.

VISI

Menghasilkan lulusan berwawasan masa depan yang unggul dalam logika, etika dan estetika berlandaskan nilai-nilai agama dan budaya

MISI
  • Mengembangkan kemampuan ilmiah dan logika peserta didik sebagai dasar pengembangan akademik
  • Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kecakapan hidup
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) sekolah yang fungsional, profesional, dan kompetitif berbasis tantangan zaman
  • Membentuk kepribadian islami peserta didik berbasis budaya pesantren
  • Mengembangkan lingkungan sekolah yang berwawasan lingkungan
  • Membentuk peserta didik yang mampu mewujudkan masyarakat yang toleran, harmonis dan menghargai keragaman.
FASILITAS
  • Asrama
  • Aula
  • Perputakaan sekolah
  • Perpustakaan terpadu Pesantren
  • Lab Bahasa
  • Lab Komputer
  • Lab Geografi
  • Fasilitas Olah raga, seni, dll.
  • Studio Musik (di pesantren).
  • Hotspot Area
PROGRAM PEMBELAJARAN

    Pendidikan di SMA Plus Darussalam berdasarkan kurikulum nasional (KTSP 2006 & 2013) dipadukan dengan kurikulum pesantren modern. Sumber pembelajaran didukung oleh Perpustakaan Terpadu Pesantren berjaringan internet dengan koleksi buku/kitab yang berkualitas, baik koleksi manual maupun digital. Selain itu peserta didik dibekali kemampuan literasi dengan pendampingan kelas bahasa dengan situasi dan metode yang menyenangkan. Untuk mendukung kemampuan akademis maupun interaksi sosial, diharapkan peserta didik mampu mengakses ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan relasi personal.

    SMA Plus Darussalam juga dinobatkan sebagai Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) pada Tahun 2018 dengan memperoleh penghargaan "Raksa Prasada". Dengan area terbuka hijau dan pengelolaan sampah, siswa diharapkan menjadi manusia yang memberikan rahmat bagi semesta. Siswa juga difasilitasi dengan Kurikulum Ketrampilan Fungsional untuk dapat mengembangkan kemampuan memimpin (leadership), terampil berbahasa Asing (Arab dan Inggris) dan mampu memanfaatkan teknologi dan informasi.

PROFIL SINGKAT (VIDEO)



More Information:
Ig: smaplusdarussalam_ciamis
YouTube: SMA Plus Darussalam Ciamis
Tlp: (0265) 7576039



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Pribadi